Kurikulum Asrama
Asrama merupakan salah satu bagian yang terintegrasi dari kurikulum SMP-SMA SMART Ekselensia Indonesia. Peserta didik yang memilih untuk bermukim di asrama mendapatkan layanan kurikulum pembinaan asrama yang bertujuan memperkuat nilai-nilai keislaman dan kepemimpinan.
Target kurikulum yang diajarkan di asrama diantaranya:
- Tahsin & Tahfizh Al-Qur'an
- Aqidah - Tauhid
- Fiqih
- Akhlak & Adab
- Sejarah Peradaban Islam
- Bahasa Arab
- Pembinaan kepemimpinan dan life skills
- Pembinaan ibadah
Pembinaan yang diberikan di asrama diantaranya:
- Pembinaan Ilmu Agama: Halaqoh Islam Dasar Yaumiyah (HIDAYAH)
Yaitu pembinaan untuk menguasai dasar-dasar ajaran islam dengan mengkaji kitab turats karya ulama-ulama mu’tabar dalam bidang aqidah, fiqih, adab dan akhlak, sejarah peradaban islam, dan Bahasa Arab. Kitab yang dikaji Adalah: Manzhumah Aqidatil Awam, Jawahirul Kalamiyah, Safinatun Najah, Matan Taqrib, Fathul Qarib, Ta’limul Muta’allim, Bidayatul Hidayah, Khulashoh Nurul Yaqin, Jurumiyah, Alfiyah Ibnu Malik, dll.
- Shalat wajib berjamaah
- Qiyamullail
- Puasa sunnah Senin dan Kamis
- Life Skills Development SEI (LISENSEI)
Pembinaan kepemimpinan dan keterampilan hidup (life skill) siswa, baik soft skill maupun hard skill, diantaranya:
- Training Tematik, yaitu pelatihan tematik berdasarkan kebutuhan pengembangan diri siswa, seperti Training Manajemen Organisasi (khusus pengurus OASIS/OASE, SEIMAN, SDS, URC UKS), Training Public Speaking, Training Imamah, Training Khitobah, dll
- Muhadhoroh, Debate Forum, dan Oras
- Training Vocational Skills, yaitu pelatihan berkaitan dengan keterampilan praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sepertii Hand Sewing (Menjahit), Barberlabs (Mencukur), Berkebun, Carpenter Skill (Pertukangan), Memasak (Cooking)
- Sharing dan counceling
- Renang
- Bela diri
- Organisasi siswa: SMART Discipline Squad (SDS), dan DKM SEIMAN.
Kurikulum Kepemimpinan
SMART Ekselensia Indonesia menghadirkan Kurikulum Kepemimpinan yang dirancang khusus untuk membentuk peserta didik tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga mampu memimpin, berkolaborasi, dan memberi kontribusi positif bagi masyarakat.
Melalui kurikulum ini, setiap siswa difasilitasi untuk mengembangkan potensi kepemimpinannya lewat beragam kegiatan yang terstruktur, terarah, dan menyenangkan. Pendekatan yang berpusat pada siswa mendorong mereka untuk berani mengambil inisiatif, membuat keputusan tepat, serta bertanggung jawab atas proses belajar yang dijalani.
Berbagai pengalaman belajar, mulai dari proyek kolaboratif, pelatihan keterampilan sosial dan spiritual, hingga program mentoring, menjadi sarana bagi siswa untuk berlatih menjadi pemimpin yang cendekia, berintegritas dan transformatif.